Bagaimana Cara Mengetahui Info Seputar Hadits?

GambarPara ulama di masa lalu sudah membuat panduan luar biasa, kita tinggal mengikuti dan bermain dengan aturan main yang sudah di sepakati saja. Bila kita merasa bingung membaca hadits-hadits yang saling bertentangan, ada cara yang mudah, yaitu memanfaatkan kitab-kitab syarah hadits. Kitab syarah adalah kitab penjelasan atas kitab matan hadits. Misalnya, kalau anda bingung baca hadits-hadits yang ada di dalam Shahih Bukhari, anda bisa baca kitab Fathul Bari karya Ibnu Hajar al-Asqalani atau kitab Umdatul Qari karya Imam al-Aini.

Kalau hadits itu ada di Shahih Muslim, anda bisa baca Syarah Shahih Muslim karya Imam an-Nawawi. Juga anda bisa baca kitab Tuhfatul Ahwazi karya Imam al-Mubarakfury bila perlu penjelasan hadits-hadits dari Sunan at-Tirmizi. Dan kalau kitab matan hadits Bulughul Maram bikin kepala anda pusing, silahkan buka kitab Subulussalam karya Imam ash-Shan’ani atau bisa juga anda membaca kitab Nailul Authar karya Imam asy-Syaukani yang isinya sudah termasuk matan dan syarahnya sekaligus.

Biasanya di dalam kitab-kitab syarah itu, kita akan mendapatkan berbagai informasi seputar hadits yang kita butuhkan, termasuk derajat kekuatannya dan juga penjelasan secara fiqihnya, maupun pendapat ulama-ulama menyangkut sang hadits.

Sekedar informasi, kitab-kitab yang di sebutkan diatas dan hampir 3000-an kitab lainnya tersedia secara gratis di internet, antum semua boleh langsung mengkliknya di http//saaid.net/book

Wallahu A’lam Bishshawaab.

Follow @sahabatshalawat

Visit sahabatshalawat.blogspot.com

Tinggalkan komentar