Nasehat untuk Orang yang akan berbuka puasa

GambarBismillah, mohon maaf, sekedar pengingat, akan khilaf yang sering terjadi di sekitar kita tidak lagi lewat, dan agar ramadlan ini jauh lebih berkualitas dari tahun kemarin. Mungkin belum bisa melaksanakan puasa dengan sempurna, tapi setidaknya banyak kekurangan dan kesalahan yang bisa dikurangi dari tahun ke tahun, dan sekarang sudah tahun kesekian sejak kita baligh dan berislam.

1. Sebelum berbuka, bersibuklah berdoa, karena itu waktu mustajab tidak terkira, awali dengan istighfar, syahadat dan bershalawat, kemudian membaca alfaatihah, setelah itu berdoa untuk dunia akhirat kita, bila sahabat ada adab doa selain yang saya bisa, silahkan saja.

2. Karena waktu magrib yang sangat singkat, dari tenggelam matahari sampai hilangnya warna merah di langit, bisa sebelum jam 18.30 sudah selesai, jadi, bukalah dengan sekedarnya dahulu, sekedar penyegar dahaga saja dulu, setelah itu laksanakan salat magrib, sering terjadi, tanpa terasa magrib sudah hampir habis waktunya, kewajiban puasa sudah dilaksanakan tapi kewajiban salat terabaikan. Puasa yang sudah dijaga dari sejak pagi jangan sampai rusak di akhir hari

3. Godaan terkuat untuk menahan syahwat bukanlah saat siang dengan panas yang sangat, tapi saat setelah semua boleh berbuka dan bisa makan apa saja.

Catat: Saat berbuka dan malam hari bulan puasa, akan terlihat jelas kualitas puasa kita. Jangan sampai sekedar memindah waktu makan sementara menu semakin penuh tambahan. Bismillah. Saling mendoakan.

Wallahu A’lam Bishshawaab.

Follow @sahabatshalawat

Visit sahabatshalawat.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: