Rangkuman Kajian Rutin Syarah Hadits Arbain Nawawi (13/2)

  Assalamu’alaikum..
Sedikit rangkuman tentang kajian rutin Syarah Hadits Arba’in Nawawi, 13 Februari 2016, Mesjid Asy Syams Carrefour – Lebak Bulus.

*dirangkum dari rekaman suara sewaktu pengajian berlangsung*
Oleh: 

Ustad Ahmad Muzakki Kamali, LC – Kedzaliman, dan Ruhani
Kedzaliman yang paling dzalim adalah ketika seseorang berbuat dzalim kepada ruhaninya. Maka tidak ada yang lebih dzalim selain seseorang berbuat dosa kepada dirinya.
Ketika seseorang tidak melakukan sholat, maka dia sudah sangat berbuat dzalim kepada dirinya. Kalau tidak makan saja bisa disebut mendzalimi diri sendiri, yang kesengsaraannya adalah lapar. Gimana dengan seseorang yang membuat sengsara ruhaninya, itu adalah kedzaliman yang sangat luar biasa.

——

Bagian yang paling penting dari diri manusia apakah ruh atau jasad?
Bukti yang paling nyata adalah ketika jasad sudah nggak ada ruhnya, maka jasad tersebut pasti dikubur ke dalam tanah, sehingga semua orang termasuk keluarganya meninggalkan jasad tersebut. Itu membuktikan bahwa tanpa ruh, jasad nggak ada artinya.
Yang jadi masalah adalah kenapa kita malah sibuk menghias jasad daripada menghiasi ruh kita. Mencari berbagai macam hal yang bisa memperindah jasad, tapi kadang-kadang kita lalai untuk memperindah ruh kita. Padahal kita tahu bahwa yang paling penting dalam diri kita adalah ruh. Jadi, yang paling berharga dari diri setiap manusia adalah ruh. 
Yang menjadi masalah adalah orang-orang yang begitu bangga dengan jasadnya, sehingga perhatian kepada ruhnya tidak ada. Padahal dia sendiri tahu bahwa jasadnya tidak akan ada artinya ketika ruhnya sudah pergi.
Yang membuat kita bisa bergerak, jalan, duduk, dll adalah ruh. Maka dari itu kita sama-sama belajar selain menghiasi jasad, kita juga harus menghiasi ruh kita.
Ruh itu persis seperti jasad. Jika jasad butuh vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin lainnya, maka ruh pun demikian. Ruh perlu vitamin, ruh perlu protein, ruh kalau nggak dikasih makan akan sakit. Jasad ada sakitnya, ruh pun ada sakitnya. 
Orang kalau sudah terkena stroke, untuk mengangkat segelas air saja sudah kesulitan. Dan ketika seseorang langsung dinyatakan sakit, maka langsung mencari dokter di manapun yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Ruh pun demikian, ketika ruhnya sudah stroke, maka melaksanakan sholat subuh 2 rakaat saja nggak mampu. Yang jadi masalah adalah ketika menyadari bahwa ruhnya sedang stroke, lupa mencari dokter, berharap dirinya sendiri bisa mengobati. Padahal sudah jelas diri sendiri nggak bisa mengobati, maka disitulah perlunya dokter. Penting untuk mencari dokter ruhani itu.
Dan sakitnya ruhani jauh lebih berbahaya daripada sakitnya jasmani. Oleh sebab itu, hadir di majlis ilmu adalah salah satu bentuk olahraga untuk menyehatkan ruhani.

——

Kenapa doa disebut ruhnya ibadah? karena inti dari semua ibadah adalah doa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata dalam hadits qudsi-Nya, yang disampaikan oleh Rasulallah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam: “Aku akan memberikan sesuatu yang lebih baik daripada yang diminta bagi orang yang sibuk memuji diri-Ku.”
Dan pujian yang kadang-kadang paling menarik bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah dengan memuji seseorang yang paling dipuji (yang paling dicintai) oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yaitu membaca sholawat untuk Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan bersholawat sepuluh kali untuk mereka yang bersholawat kepada Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam.
Maka dari itu, mari kita banyak-banyak memuji Allah Subhanahu Wa Ta’ala di antaranya dengan banyak mendoakan orang yang paling dipuji Allah Subhanahu Wa Ta’alaa (yaitu Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam).
Mendekat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan mendekatkan diri kepada orang yang paling dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala (yaitu Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wasallam).
الصلاة والسلام عليك يا رسول الله

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آله
#keeponsholawat #sahabatsholawat #bacasholawatyuk #semestabersholawat #cintarasul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: