Menjaga Lingkungan Hidup Tugas Kita Semua

image

Alhamdulillah, kunjungan Kepala Otoritas Margasatwa Saudi, Yang Mulia Pangeran Bandar bin Saud bin Muhammad Alu Saud ke Universitas Islam Madinah dan memberikan kuliah umum mengenai tugas dan kepentingan dari otoritas yang dipimpin oleh beliau selama 8 tahun.

Hadir pula dalam acara ini, Pelaksana tugas Rektor Universitas Islam Madinah, Syaikh Prof. Dr. Ibrahim bin ‘Ali al-‘Ubaid, beserta para dekan dan staf pengajar, dan juga ribuan mahasiswa, acara ini berlangsung pada hari Selasa, 10 Februari 2014/22 Rabi’ul Awwal 1436 H, setelah salat isya di Auditorium Raja Saud bin Abdul Aziz.

Otoritas Margasatwa Saudi ini bertanggungjawab untuk menjaga cagar alam dan suaka margasatwa yang ada di Arab Saudi, yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 17 lokasi, dan akan terus bertambah. Serta melakukan riset dan kerjasama dengan berbagai instansi di tingkat nasional dan internasional.

Bahwa tugas untuk menjaga lingkungan, termasuk didalamnya menjaga hewan dan tumbuhan langka adalah tugas kita semua, dan bukan hanya tugas dari pemerintah saja. Dengan menjaga warisan ini, kita dapat memberikan hadiah yang indah kepada generasi setelah kita agar mereka dapat melihat apa yang kita lihat atas keindahan alam sekarang ini.

Allah Subhaanahu Wata’aala berfirman:

(وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا طَائِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلَّا أُمَمٌ أَمْثَالُكُمْ ۚ مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ ۚ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ)

Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.
(QS: Al-An’am Ayat: 38)

saya berkesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada beliau, “Negara manakah yang menjadi contoh dalam melindungi hewan-hewan yang langka?”

Pangeran Bandar menjawab, “tidak ada negara yang 100% dapat menjaga lingkungan dari punahnya hewan langka, namun salah satu negara yang baik dalam hal ini adalah Selandia Baru, wilayah negaranya tidak terlalu besar, memiliki alam yang indah, penduduknya sedikit, negaranya kaya, sehingga mereka banyak melakukan studi dan riset untuk menjaga lingkungan mereka”.

Menjaga lingkungan adalah kewajiban kita bersama, sesuai dengan perintah Allah Subhanahu Wata’ala di dalam al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dan juga tercatat di kaidah-kaidah fikih yang ditulis oleh para ulama. Wallahu A’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: