Stasiun Kereta Api Madinah

Stasiun Kereta Api Madinah

Stasiun Kereta Api Madinah

Stasiun Kereta Api Madinah yang terletak 1320 km dari Damaskus, menyingkat perjalanan dari Damaskus ke Madinah yang awalnya membutuhkan waktu 40 hari menjadi hanya 5 hari. Stasiun ini dibangun pada tahun 1900 dan pada tanggal 23 Agustus 1908, datanglah kereta pertama yang disambut dengan peringatan resmi atas pembukaan stasiun, setelah itu seminggu kemudian dilanjutkan dengan peringatan pengangkatan Sultan Abdul Hamid menjadi Sultan Kesultanan (Kekhalifahan) Turki Utsmani.

Besar stasiun ini 700 x 150 meter, dan dikelilingi oleh dinding yang terbuat dari batu berwarna hitam. Stasiun ditutup selama Perang Dunia I dan ditutup secara total selama 1921, saat ini, stasiun dialihfungsikan menjadi Museum Madinah.

Ketika Asyraf dengan bantuan tentara Inggris memberontak kepada Kekhalifahan Turki Utsmani (Juni 1916-September 1918), yang juga bertepatan dengan Perang Dunia I, Fakhri Pasha, Gubernur Madinah terakhir yang ditunjuk khalifah pada waktu itu mengungsikan seluruh penduduk Madinah untuk keluar dari Madinah, sebagian dari mereka diungsikan ke kawasan badui di sekitar Madinah, atau ke kota-kota lainnya di wilayah Hijaz, seperti Mekkah, Jeddah, Yanbu dan Hail, dan sebagian mereka diungsikan ke negeri-negeri lainnya seperti Mesir, Syam, Irak, Turki, India dan Yaman. Hingga tidak ada satupun penduduk yang tinggal di Madinah, kecuali tentara Utsmani. Pemberontak Asyraf dan beberapa kabilah-kabilah yang menjadi sekutunya mengepung Madinah dalam beberapa bulan.

Kereta Api berperan penting untuk memindahkan penduduk Madinah ke negeri-negeri yang aman, petugas stasiun bekerja secara sukarela untuk membantu mengungsikan penduduk madinah, meskipun Kekhalifahan telah mengeluarkan keputusan agar Fakhri menyerahkan Madinah kepada Asyraf yang dipimpin oleh Syarif al-Husain bin Ali, Fakhri menolaknya dan tetap melanjutkan perlawanan selama 5 bulan. Kemudian ia menyerah atas desakan kawan-kawannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: