Petualangan 35 Jam (Jogja + Solo)

Kamis, 5 Juni 2014, saya berkesempatan untuk mengunjungi dua kota wisata yang ada di tengah pulau Jawa, Yogyakata dan Surakarta. Kali itu pertama kali saya pergi sendiri ke Jogja, dan kali ketiga berkunjung kesana (kali pertama ketika study tour tahun 2010, dan kali kedua ketika jalan-jalan bersama guru tahun lalu). Pukul 05.00 WIB saya berangkat dari rumah saya di Tambun Utara menuju Terminal DAMRI Bekasi yang terletak di Kayuringin dekat dengan Pusat Pemerintahan Kota Bekasi, hanya 30 menit saya sampai di Terminal. Meskipun langit masih gelap, jalanan sudah ramai, mulai dari sepeda motor, angkutan umum dan mobil pribadi sudah memadati jalan raya KH. Agus Salim, jalan yang menyambung Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi dan Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. Sesampai di Terminal DAMRI, saya langsung membeli tiket seharga Rp 35.000,00 dan langsung menaiki bus tersebut. Satu setengah jam perjalanan dari Bekasi ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, saya langsung turun di Terminal 1A Keberangkatan Domestik dan waktu masih menunjukkan pukul 07.00 WIB. Setelah menunggu 2 jam, akhirnya Pesawat yang saya tumpangi pun take off menuju Jogja. Pukul 10.10 WIB, saya sampai di Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Sleman, Yogyakarta.

 

Gambar

Festival Jajanan Pasar Kota Yogyakarta 2014

Masjid Gedhe Kauman - Kota Yogyakarta

Masjid Gedhe Kauman – Kota Yogyakarta 

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Keluar dari Terminal Kedatangan, supir taksi dan tukang ojeg pun menawarkan jasanya agar para penumpang pesawat menaiki taksi/ojeg, namun saya terus keluar Bandara untuk coba melihat transportasi umum lainnya yang ada di Jogja, ternyata tidak jauh dari Bandara, terdapat Stasiun Kereta Api Maguwo dan Halte Trans Jogja. Saya pun naik bus Trans Jogja Trayek A1 dan turun di Halte Malioboro 3. Sesampai di Malioboro saya berkeliling dan menuju Monumen Serangan Umum 1 Maret yang terletak di ujung selatan Jalan Malioboro. Kebetulan disana sedang berlangsung Festival Jajanan Pasar Kota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Disperindag Kota Yogyakarta. Setelah itu saya menuju Masjid Gedhe Kauman yang terletak di sebelah barat Alun-alun Utara untuk menunaikan salat zuhur, tidak lama kemudian teman saya menjemput saya untuk menuju ke kos-kosannya yang terletak di bilangan Pakuncen. Sore harinya, saya ikut teman saya ke kampusnya (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), kebetulan sore itu ia ada 1 jam kuliah.

 

Gambar

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pukul 20.30 WIB, saya dan teman saya menuju Valley Bambu untuk silaturrahim dengan IKPDN Jogja yang pada malam itu sedang melaksanakan rapat untuk membahas kegiatan bakti sosial yang akan mereka laksanakan. Pukul 21.30 WIB saya bertemu dengan teman-teman seangkatan saya di RM Bu Koes yang terletak didekat dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran, kebettulan datang juga teman saya yang juga Ketua IKPDN Malaysia. Setelah dari sana, saya menuju lesehan malioboro untuk bertemu lagi dengan teman dari Samarinda yang sedang berlibur dengan keluarganya ke kota Jogja ini.

di RM Bu Koes

di RM Bu Koes

Jum’at pagi, pukul 08.00 WIB setelah saya sarapan dengan bubur, saya langsung menuju Stasiun Lempuyangan dan naik kereta Prambanan Ekspres dengan harga karcis Rp 6.000,00.  Perjalanan dari Jogja ke Solo hanya 1 jam 15 menit, akhirnya saya sampai di Stasiun Balapan.  Keluar dari stasiun, supir taksi dan tukang ojeg pun menyerbu para penumpang yang baru turun dari kereta, namun saya terus jalan untuk melihat angkutan umum lainnya yang ada didekat stasiun ini. Ternyata tidak jauh dari stasiun, ada halte Batik Solo Trans. Saya naik Koridor A (Kartosuro-Palur), tujuan akhir Terminal Palur karena saya akan menuju ke Karanganyar. Sesampai di Terminal Palur, saya menaiki minibus yang melewati desa yang saya tuju, yakni Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar.

Saya turun di dekat Pabrik Pengolahan Tebu, tak jauh dari Kantor Kepala Desa Ngijo yang bersebelahan dengan Kantor Kecamatan Tasikmadu. Setelah itu saya langsung mencicipi es tebu di warung yang terletak didepan Kantor Kepala Desa, pemilik warung bercerita kalau saat ini sedang panen tebu. Tujuan utama saya kesini adalah untuk menghadiri walimatul ‘ursy teman saya, yang acaranya berlangsung di Balai Desa Ngijo, acara berlangsung pada pukul 13.00 sampai 15.00 WIB. Sore hari saya menuju Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo, pukul 20.30 saya take off untuk kembali menuju ke Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: