Nasehat KH. Hasan Abdullah Sahal

KH. Hasan Abdullah Sahal:
Fenomena da’i kecil perlu didiskusikan, dan haji ibadah sakral disertai dengan mengundang selebriti sama dengan menurunkan derajat ibadah haji dengan sampah Umat!!

Kita harus memaksa diri karena setan juga memaksa!!!!
Islam bukan rahmatan lil alamin! Nabilah yang rahmatan lil alam.
Katakanlah “AKU HANYALAH” bukan “AKU ADALAH” karena jika ada seseorang yang mengatakan “AKU HANYALAH” itu adalah Umat Nabi Muhammad SAW, tapi jika ada yang berkata “AKU ADALAH” maka dia adalah sama dengan Fir’aun…
Kehidupan lahiriah & bathiniah, pesantren punya nilai-nilai khidupan: moral, akhlaq, kejujuran
Pengusaha, orang kaya, bisa mengatur pondok tapi tidak bisa mendidik. Jangan katakan “saya sudah cukup” karena yang sempurna hanya Allah dan syariahnya. Pondok ini berjalan dengan kebersamaan yang jadi masalah adalah individualisme! Musyawarah adalah jiwa kita, lain dengan demokrasi, kalau demokrasi suara masuk dirundingkan, kalau musyawarah masalah yang dirundingkan. “Laisa kullu ma yal ma’u dzahaban!” Kau kaya aku tak minta, kau pintar aku tak bertanya, kau besar aku tak berlindung, aku bisa hidup tanpa kau!!
Pentingnya keseimbangan!
Didunia ini manusia merasa besar karena dianggap besar, kaya dianggap kaya. Pondok merasa maju karena dianggap maju!  Sobek ijazahmu!! Saya bisa hidup tanpa ijazah ini!!
Umroh bersama dude herlino.. Agama dijual murah!!
Saking senang nya lupa diri, saking sedihnya stres, yang nyuruh stres siapa…???
Pelajarilah kebenaran, dan jangan pelajari orang benar. Karena bisa jadi orang yang hari ini benar, besok bisa salah.
1. Pesantren mendidik kehidupan bukan hanya sekedar belajar agama
2. Tidak ada dikotomi kurikulum semua kegiatan merupakan kurikulum
3. Maju mundurnya pondok berasal dari dalam pondok bukan dari luar pondok
4. Pondok ini mempunyai sejarah panjang, jasanya orang banyak,
5. Tidak ada kemajuan tanpa disiplin, tidak ada disiplin tanpa keteladanan.
Jikalau pesantren itu dituduh jadi sarang teroris, apakah mau kalau kita bilang bahwa SMP dan SMU itu sarang koruptor?.

Tinggalkan Balasan

