Bus TransJakarta Lama Datangnya, Lapor ke Siapa?

Tepat satu pekan lalu, saya merasakan kejadian yang tidak mengenakan sekali di Halte Busway Pasar Baru. Halte yang terletak di depan Gedung Kesenian Jakarta tersebut merupakan salah satu halte dari koridor 3 (Harmoni – Kalideres). Pada hari Rabu (24/10) pukul 20.00 WIB, saya membeli tiket TransJakarta Busway seharga Rp 3.500,00 setelah itu mengantri di antrian panjang yang penuh sesak. Menunggu satu per satu bus yang datang, ternyata semua yang datang adalah Bus tujuan Harmoni – PGC (Pusat Grosir Cililitan).

Lima belas menit telah lewat, kami (para pengguna setia TransJakarta yang mengantri) masih bisa sabar dan berharap agar bus tetap datang sebentar lagi, waktu semakin malam, tetapi antrian semakin panjang. Satu per satu bus tujuan PGC terus datang, saya sendiri menghitunginya lebih dari lima bus terus lewat, sedang saya yang hendak menuju Harmoni terus menunggu.

Tiga puluh menit telah lewat, salah satu dari kami tidak sabar dan meloncat dari tempat tunggu bus, keluar dari halte karena tidak sabar bus yang ditunggu-tunggu tidak datang juga. Ternyata di sebelah kanan pintu halte ada selembar kertas yang seingat saya tulisan tersebut memberitahukan bahwa koridor tujuan Kalideres hanya ada setiap enam puluh menit sekali, dan jika ada bus tujuan Tomang agar menaikinya lalu transit di Halte Grogol dan melanjutkan ke Kalideres.

Empat puluh lima menit telah lewat, ibu-ibu dalam antrian berteriak satu persatu ke petugas penjaga halte. “Mas, mbak, gimana nih? kita udah nunggu satu jam, tapi nggak dateng-dateng juga? tutup aja jurusan ke kalideres” teriak salah seorang ibu dengan perasaan marah. “Bisa di contact nggak nih kantor pusatnya? gimana nih saya udah lebih dari satu jam! Saya minta nomor teleponnya biar saya yang telepon!” Sahut seorang ibu lainnya. Semuanya marah dan menggerutu, salah seorang ibu-ibu lainnya menyahut “Saya minta ganti rugi sepuluh kali lipat! Seharusnya satu jam yang lalu saya sudah sampai rumah!”

Enam puluh menit telah lewat, masih belum datang juga bus yang kami tunggu, keringat yang bercucuran dan berjatuhan sudah nggak terhitung lagi. Lima menit kemudian, akhirnya bus yang kami tunggu datang juga… Alhamdulillah…

Semoga kejadian ini tidak terulang lagi…

Jika kejadian ini terulang lagi, bagaimana kita harus lapor? Apa hanya dengan mention @BLUTransJakarta langsung ditanggapi? Apa harus mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada Wakil Gubernur Pak Basuki?

Harap saya semoga pelayanan BLU TransJakarta Busway kepada seluruh pelanggannya semakin baik, baik dan lebih baik lagi, aamiin…😀

Artikel ini diambil dari artikel saya di Kompasiana:

http://jakarta.kompasiana.com/transportasi/2012/11/02/bus-transjakarta-lama-datangnya-lapor-ke-siapa-500019.html

Tinggalkan Balasan

