Porsi Makanan dan Minuman yang Ideal Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad Rasulullah saw

Porsi Makanan dan Minuman yang Ideal Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad Rasulullah saw

Oleh: Muhammad Wasitho Abu Fawaz

Dari Miqdad bin Ma’di Karib radhiyallahu anhu, ia berkata: “Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alami wasallam bersabda:

: “ما ملأ ابن آدم وعاء شراً من بطنه، بحسب ابن آدم لقيمات يقمن صلبه، فإن كان ولابد فاعلاً فثلثٌ لطعامه، وثلثٌ لشرابه، وثلثٌ لنَفَسِه”

“Tiada tempat yang paling buruk selain perut yang diisi oleh manusia. Cukuplah bagi manusia beberapa suapan sekedar untuk menegakkan tulang iganya. Jika dia harus mengisi perutnya, maka hendaknya sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumnya, dan sepertiga untuk pernapasan (udara)nya.” (HR. Ath-Thobrani dan Ibnu Abi AD-Dunya).

BEBERAPA PELAJARAN PENTING DAN FAEDAH ILMIYAH DARI HADITS INI:

1) Porsi Makanan dan Minuman di dalam perut manusia yang paling ideal dan sesuai tuntunan Nabi shallallahu alaihi wasallam ialah sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk pernafasan (udara).

2) Perintah agar bersikap sederhana dan Larangan bersikap boros dan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala: (Wa Kuluu wasyrobuu wa La tusrifuu, innahu La yuhibbul musrifiin)
artinya: ” Dan hendaklah kalian makan dan minum tetapi jangan bersikap boros (berlebihan), karena sesungguhnya Dia tidak mencintai orang-orang yang boros (berlebihan).” (QS. Al-A’raaf:31).

3) Tujuan makan dan minum dalam syariat Islam ialah untuk mempertahankan kehidupan dan menjamin kondisi tubuh agar selalu sehat dan kuat untuk bekerja dan beribadah.

4) Perut manusia menjadi tempat yg buruk jika diisi dengan makanan dan minuman yang haram dan berbahaya, atau diisi dengan makanan dan minuman yang halal secara berlebihan dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: