April and May 2012, The Months full of Scouting Activity (part 1)

Pramuka

Pos Semaphore, ketika Wide Game Penggalang, KMD Cadika Jaya Raya ke-26 di Ponpes Annur Cidokom

Salam Pramuka!!!

Bulan April dan Mei 2012, saya mengikuti beberapa kegiatan kepramukaan. Antara lain Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) Cadika Jaya Raya ke-26 yang berlangsung dari hari Jum’at, 13 April 2012 sampai dengan hari Selasa, 24 April 2012. Dalam Kepanitiaan saya mendapatkan amanah sebagai Bagian Dokumentasi.

Kegiatan Kursus Mahir Dasar atau yang lebih sering dibilang “Cadika” tersebut dibagi menjadi tiga sub kegiatan, yakni:

  1. Pra Cadika, selama 2 hari, Jum’at-Sabtu, 13-14 April 2012 berlangsung di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami, Jakarta, dengan agenda kegiatan Wide Game Per Pos, serta Latihan Masak
  2. KMD Tahap Pertama di Pondok Pesantren Darunnajah Ulujami, Jakarta, berupa pembagian materi yang diisi oleh Para Pelatih dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Jakarta Selatan, serta latihan baris-berbaris oleh Tentara Nasional Indonesia.
  3. KMD Tahap Kedua di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah VIII Cidokom, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Agenda kegiatan berupa praktek berkemah, juga pembagian materi yang juga diisi oleh pelatih yang sama, untuk praktek, dilaksanakan di setiap sore hari berupa PBS (Permainan Besar Siaga), Wide Game Penggalang, Penjelajahan Penegak, serta Praktek Api Unggun. Acara ditutup pada hari Senin, 23 April 2012, dan pada malam harinya, kegiatan Malam Unggun Gembira yang dihadiri oleh majelis guru Pondok Pesantren Darunnajah. Para Peserta KMD kembali ke Pondok Pesantren Darunnajah pada hari Selasa, 24 April 2012 pukul 11.00 WIB
Alhamdulillah, secara umum kegiatan KMD Cadika Jaya Raya ke-26 berlangsung dengan baik dan lancar.

Rabu pagi, (25/4) pukul 08.00 WIB, saya bersama kak Miftah Ahmad, Ketua Mabikori (Majelis Pembimbing Koordinator Harian), langsung bertolak menuju Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Al-Umm, yang beralamatkan di Kampung Wangun Tengah, Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat. Pondok Pesantren Al-Umm tersebut terletak tidak jauh dengan gerbang tol Ciawi yang menuju ke arah Sukabumi.

Di Pondok Pesantren Al-Umm, saya bersama beberapa guru menjadi pembimbing dalam kegiatan Persus (Perkemahan Khusus) Santriwati kelas 1 dan kelas Intensif. Persus tersebut juga dapat diartikan dalam bahasa Inggris sebagai “Special Camp”. Special Camp atau Persus tersebut dipanitiai oleh sekitar 30-an santriwati kelas 5 TMI, diketuai oleh kak Syeli Santriawati dan kak Tiara Khairunnisa, serta dibimbing oleh beberapa guru/ustadzah, antara lain walikelas-walikelas kelas 1, Mabikori serta Mabigus (Majelis Pembimbing Gugus Depan).

Para Panitia yang sigap, dan peserta yang aktif membuat kegiatan ini sangat meriah dan ramai. Berbagai macam perlombaan ketangkasan dan kreativitas, antara lain seperti lomba membuat parsel, lomba joget air, dan lain sebagainya menjadikan semuanya bergembira dan bersuka ria, nyaris tanpa melihat satu peserta maupun panitia yang bersedih dalam mengikuti kemah ini. Kegiatan Kamis pagi (26/4) adalah Penjelajahan, seluruh peserta tampak senang mengikuti penjelajahan ini meskipun jarak yang ditempuh bisa dibilang jauh. Para kurvei (penjaga tenda) yang berjumlah 1 orang : 1 tenda tidak mengikuti penjelajahan ini, juga beberapa Sie. Perkemahan yang ditunjuk menjaga buper tidak mengikuti kegiatan penjelajahan dan menetap di buper untuk menjaga tenda-tenda.

Satu demi satu pos mereka singgahi, dan setiap pos tidak berhenti lama, setiap regu dipimpin oleh Ketua Regu, dan seluruh ketua dan wakil ketua regu mereka semua adalah santriwati kelas Intensif, sedangkan semua anggota regu adalah santriwati kelas I Tsanawiyyah. jembatan, rumah warga, sawah, sungai kecil mereka lewati dalam penjelajahan ini, Alhamdulillah semuanya sampai di Bumi Perkemahan dengan selamat, tidak ada yang pingsan serta tidak ada yang menyasar.

Special Camp 2012

Special Camp 2012

Penjelajahan

Penjelajahan

Panitia Special Camp

Panitia Special Camp

Kamis malam, Acara Api Unggun yang dihadiri oleh Ustadz dan Ustadzah senior baik dari Pondok Pesantren Al-Umm, juga dari Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, antara lain Ust. H. Agus Sugianto, S.Ag, MM, Kepala Biro Pengasuhan Santri. Beberapa penampilan yang ditampilkan antara lain: Dance peserta kemah, qasidah dari santriwan Pondok Pesantren Al-Umm, drama dari peserta, tarian india dari panitia, serta yang terakhir adalah penampilan gitar akustik dari 3 orang ustadz.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: