Renungan

Bukti kekuatan argumentasi Abu Hanifah an Nu’man, ada seorang laki-laki dari Kufah yang disesatkan oleh Allah S.W.T. Dia termasuk orang terpandang dan didengar omongannya. Laki-laki itu menuduh di hadapan orang-orang bahwa Utsman bin Affan asalnya adalah Yahudi, lalu menganut Yahudi lagi setelah Islam­nya.

Demi mendengar berita tersebut, Abu Hanifah bergegas menjumpainya dan berkata: “Aku datang kepadamu untuk meminang putrimu yang bernama fulanah untuk seorang sahabatku.” Dia berkata: “Selamat atas kedatangan anda. Orang seperti anda tidak layak ditolak keper­luannya wahai Abu Hanifah. Akan tetapi, siapakah peminang itu?” Be liau menja­wab: “Seorang yang terkemuka dan terhitung kaya di tengah kaumnya, dermawan dan ringan tangan, hafal Kitabullah , meng habiskan malam dengan satu rukuk dan sering menangis karena takwa dan takutnya kepada Allah S.W.T.”

Laki-laki itu berkata, “Wah..wah.., cukup wahai Abu Hanifah, sebagian saja dari yang anda sebutkan itu sudah cukup baginya untuk meminang seorang puteri Amirul Mukminin.” Abu Hanifah berkata: “Hanya saja ada satu hal yang perlu anda pertimbangkan.” Dia bertanya: “Apakah itu?” Abu Hanifah berkata; “Dia seorang Yahudi.” Mendengar hal itu, orang itu terperanjat dan bertanya-tanya: “Yahudi?! Apakah anda ingin saya menikahkan putri saya dengan seorang Yahudi wahai Abu Hanifah? Demi Allah aku tidak akan menikahkan putriku dengannya, walaupun dia memiliki segalanya dari yang awal sampai yang akhir.”

Lalu Abu Hanifah berkata: “Engkau menolak menikahkan puterimu dengan seorang Yahudi dan engkau mengingkarinya dengan kerasnya, tapi kau sebarkan berita kepada orang-orang bahwa Rasulullah S.A.W telah menikahkan kedua puterinya dengan Yahudi (yakni Utsman-pent)?”

Seketika orang itu gemetaran tubuhnya lalu berkata: “Astaghfirullah, Aku memohon ampun kepada Allah atas kata-kata buruk yang aku ucap kan. Aku bertaubat dari tuduhan busuk yang saya lontarkan.”

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: